LAPORAN PRAKERIN SMK TKJ

Laporan Prakerin TKJ 2015

BAB 1.
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang PRAKERIN


Sesuai dengan kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan bahwa lulusan SMK diharapkan menjadi siswa yang siap pakai di masyarakat. Di dalam kurikulum sekolah ditetapkan bahwa untuk mewujudkan program tersebut para siswa diharuskan mengikuti dan melaksanakan prakerin antara lain: ketentuan kurikulum SMK, pelaksanaan pendidikan dan pelatihan berdasarkan pendekatan pendidikan dan pelatihan berdasarkan pendekatan Pendidikan Sistem Ganda, visi dan misi SMK.


Program Pendidikan Sistem Ganda (PSG) sangat dibutuhkan dalam penguasaan kompetensi dan pembentukan sikap profesi siswa yang tercermin dalam tujuan pendidikan dan pelatihan SMK, yaitu pelaksanaan pendidikan dan pelatihan terutama bertujuan untuk membekali peserta diklat mengembangkan kepribadian, potensi akademik, dan dasar-dasar keahlian yang benar melalui pembelajaran program adaktif, normatif dan produktif. Pendidikan dan pelatihan di dunia kerja bertujuan untuk memberikan pengalaman kerja yang sesungguhnya agar peserta menguasai kompetensi keahlian produktif standar, menginternalisasi sikap nilai budaya industri yang berorientasi kepada standar mutu, nilai-nilai ekonomi dan jiwa kewirausahaan, serta membentuk etos kerja yang kritis, produktif dan kompetitif.


Praktek Kerja Industri adalah suatu bentuk penyelenggaran pendidikan keahlian profesi yang memadukan secara sistematik dan sinkron program pendidikan di sekolah dan program penguasaaan keahliaan yang diperoleh melalui bekerja langsung di dunia kerja dengan terarah dan terprogram mencapai keahlian professional. Melihat kegiatan Praktek Kerja Industri ini mampu meningkatkan potensi siswa, maka program ini menjadi keharusan untuk melanjutkan ke tingkat berikutnya serta merupakan uji kompetensi yang harus di selesaikan.


Berdasarkan pada Paktek Kerja Industri (PRAKERIN) yang telah dilakukan, maka penulis menyampaikan laporan kegiatan PRAKERIN sebagai tahapan terakhir. Laporan yang disampaikan adalah laporan kegiatan yang dilakukan selama PRAKERIN di MAHAMERU COMPUTER Laporan ini memaparkan secara umum tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan dalam PRAKERIN selama tiga bulan lebih di MAHAMERU COMPUTER


1.2 Tujuan PRAKERIN
Praktek Kerja Industri pada dasarnya mempunyai tujuan bagi para siswa/i yang telah melakukannya, adapun tujuan dari program ini adalah sebagai berikut.
1)      Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional dibidang Teknik komputer dan jaringan, serta memiliki ketermpilan etos kerja yang sesuai dengan tuntunan lapangan kerja.
2)      Meningkatkan Efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang bekualitas profesional.
3)      Melatih mental, sikap disiplin, dan tanggung jawab sebagai bekal saat memasuki dan terlibat dalam Industri.
4)      Memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses belajar.
5)      Memperluas pengetahuan dan keterampilan siswa/i

1.3  Manfaat Laporan PRAKERIN


Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)  adalah hasil penulisan Siswa setalah menyelesaikan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)  berdasarkan data yang di peroleh. Adapun manfaat pembuatan laporan PRAKERIN adalah sebagai berikut. 


1)      Mendorong siswa agar mampu mengembangkan atau mengemukakan pikiran dan pendapatnya serta mampu menuangkannya dalam bentuk tulisan yang sistematis, logis, dan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
2)      Meningkatkan kreativitas Siswa dalam penulisan yang bersikap objektif dan ilmiah.
3)      Sebagai pertanggungjawaban siswa yang telah melaksanakan Tugas Praktek Kerja Industri (PRAKERIN)  yang berkaitan dengan program keahlian yaitu Teknik computer dan jaringan
4)      Sebagai salah satu bukti bahwa siswa yang bersangkutan telah melakukan Praktek Kerja Industri dengan baik.


Untuk memudahkan anda dalam perbaikan naskah download disini


0 komentar:

Posting Komentar