Tidak Bisa Bermimpi ( Motivasi )

Tidak semua orang mempunyai mimpi, tidak semua orang berani bermimpi, hidup kosong hampa dan tanpa tujuan  yang pasti, seperti daun yang jatuh dari ranting. Apakah anda pernah  mengalaminya? kalau iya maka segeralah sadar anda sedang menuju jalan yang salah. 

Jangan takut bermimpi jangan berhenti bermimpi, kalau benar-benar tidak bisa bermimpi dan benar-benar tidak tahu apa yang anda inginkan, maka menangislah di hadapan Allah, mintalah cahaya penerangan hati ini, agar terbangun asa jalan tujuan kita  harapakan kita.

bermimpilah, berharaplah, memintahlah, memohonlah, apa yang anda harapkan, apa yang anda inginkan itulah cara membangun mimpi membangun tujuan hidup ada. 

kalau anda tidak punya mimpi berdoalah

Ya Allah, bimbing aku, bantu aku, aku tidak tahu jalan, mau kemana dan sampai dimana aku saat ini. mohonlah ampun dengan dzikir dengan hati yang ihlas dan hati yang berharap pertolongan Allah.  Astaghfirullah hal adzim , ya Allah yang maha pengampun, ampuni atas dosa dan kesalahanku, berilah  hatiku cahayaMu, berilah hatiku kedamaian, ketentraman, hanya kepadamu aku memohon ya Allah, tidak ada yang tidak mungkin semua bisa terjadi atas kehendakMu.

Dan bangkitlah ubahlah tentukanlah keinginan  yang ingin dicapai, karena Allah selalu menyertai setiap usaha yang kita lakukan,   allah senang melihat kita berusaha walau sedikit demi sedikit  karena Allah tidak akan merubah nasib kita tanpa kita sendiri yang memulai dari usaha yang kecil yang  bisa kita lakukan.

Mimpi berarti apa yang anda inginkan saat ini, besok, satu tahun lagi, lima tahun mendatang, dst. Mengapa kita harus punya mimpi, mengapa mimpi itu penting?

a. Sebagai arah dalam hidup
b. Sebagai motivasi kemana akan melangkah
c. Sebagai alasan kita di dunia
d. Persembahan untuk orang-orang yang dicintai
e. Menjadi manusia yang bermanfaat bagi manusia lainnya.

Dalil “Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan” (QS Al-Hasyr : 18)

Kenyataan hari ini adalah, mimpi kita yang kemarin Kenyataan esok hari, adalah mimpi kita hari ini (Hasan Al Banna)

Bagaimana cara kerja mimpi? Mimpi akan mempengaruhi kekuatan pikiran bawah sadar yang dapat dibangkitkan melalui 2 cara, yaitu:  Autosuggestion Dan Visualization.

Autosuggestion: Mimpi/keinginan kita merupakan informasi penting untuk pikiran bawah sadar. Sebab keinginan yang terekam kuat dalam pikiran bawah sadar memiliki kekuatan sangat besar dapat menjadi daya dorong yang akan menggerakkan diri kita untuk berbuat sesuatu yang luar biasa. 

5P yaitu (Positive, powerful, Pricise, Present tense dan Personal) 

Dalam melakukan autosuggestion  

Positive : Pada saat melakukan autosuggestion, pikirkan hal-hal yang positif saja.
Powerful : Lakukan dengan penuh keyakinan sebab dapat memberikan kekuatan untuk berbuat sesuatu yang luar biasa. 
Precise : Keinginan yang hendak dicapai harus sudah dapat dideskripsikan, karena pikiran bawah sadar hanya bisa menyusun berdasarkan kategori.
Present Tense : Dalam bentuk keinginan saat ini, bukan keinginan di masa lalu atau akan datang. 
Personal : Lakukan perubahan positif terhadap diri sendiri terlebih dahulu.

Visualization: Bila kita menginginkan sesuatu maka pikiran bawah sadar akan menggambarkan apa yang didambakan itu. Sesuatu yang selalu divisualisasikan manusia akan mudah terekam dalam pikiran bawah sadar. Lalu muncul kekuatan pikiran tersebut, yang berperan sebagai penghubung antara jiwa dengan tubuh. Sehingga tubuhpun bereaksi dengan mengerahkan seluruh potensi yang sebelumnya tidak pernah digunakan, dalam bentuk kreatifitas atau tindakan. Memvisualisasikan impian memungkinkan seluruh impian tercapai oleh pikiran bawah sadar.

Cara melakukan visualisasi 

1. Mendefinisikan impian 
Mendefinisikan impian artinya memberikan batasan atau standar akan impian yang hendak dicapai. Kemudian, gambarkanlah semua impian seolah-olah Anda sudah sepatutnya meraih impian tersebut. Meskipun tindakan ini terkesan sederhana, tetapi dari gambaran impian itulah kita akan mencoba berbuat sesuatu untuk melakukan perubahan dan akhirnya dapat meraih cita-cita. 

2. Menentukan target waktu 
Dambakan impian itu terwujud sesuai target yang telah ditentukan, sebab impian tanpa target waktu hanya akan menjadi mimpi sesaat. Impian dengan target waktu akan menggerakkan kesadaran untuk tidak segan-segan melakukan perubahan. Maka mulailah dari sekarang. Do the best, be the best, and then let God take care the rest Jadilah yang terbaik, lakukan yang terbaik, biarlah Allah yang menentukan hasilnya. 

3. Melakukan berulang-ulang
Artinya mengkondisikan diri kita untuk lebih sering ingat akan impian kita. Jika sering ingat, maka perlahan-lahan impian itu akan tertanam di alam pikiran bawah sadar. Bila pesan sudah diterima oleh SCM (sub-conscience mind), maka dia akan menggerakkan diri kita untuk menciptakan keputusan atau menjadikan kita lebih kreatif. Jika impian lebih sering diimajinasikan dapat melipatgandakan kekuatan dari pikiran bawah sadar. Sehingga diri kita akan berusaha keras mencapai impian yang divisualisasikan. Begitulah seterusnya kekuatan pikiran bawah sadar bekerja dan dibangkitkan, hingga perubahan besar terjadi dalam diri kita.

Dengan imajinasi, kita bisa menjadi tuan atas takdir kita, I am the master of my fate. Stephen Covey dalam 7 Habits mengatakan kita membuat kreasi mental lebih dulu sebelum kreasi fisiknya. Pepatah Latin mengatakan, Fortis imaginatio generat casum, artinya imajinasi yang jelas menghasilkan kenyataan.

Buatlah Life Mapping
• Mau kemana kita? Peta, peta, peta (Dora the explorer) 
• Life mapping adalah peta yang menggambarkan arah kehidupan kita. 
• Direncanakan, dibuat, dilaksanakan dan dinikmati hasilnya oleh kita sendiri.

“Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri” Cara membuat life mapping Buatlah matrik yang berisi tahun atau umur dan mimpi/keinginan yang ingin anda capai pada tahun atau umur tersebut. Selain berbentuk tulisan akan lebih baik kalau diberi gambar/photo yang menggambarkan mimpi kita tersebut.

Terimakasih : http://akhmadfarhan.com/meraih-mimpi-mengejar-cita-menggapai-cinta/

0 komentar:

Posting Komentar